Pengertian Niche Blog dan Penerapannya – Dalam dunia blogging, kata “niche” mungkin sudah tidak asing lagi, tapi untuk kamu yang baru saja memulai dunia blogging pasti akan membingungkan. Saya pun dulu begitu. Mengetahui niche blog ternyata sangat penting sebelum kamu memulai membuat website/blog. Kalau kamu belum tahu, bisa-bisa Google kebingungan melihat blog kamu. Jadi, apa sebenarnya niche blog ini? Nah, berikut ini pengertian niche blog dan penerapannya.

Pengertian Niche Blog

Bisa dibilang, niche blog adalah “jenis konten” blog, blog yang bertema khusus atau blog yang hanya membahas “topik” tertentu saja, tidak membahas banyak topik. Jadi, kurang lebih niche blog ini kayak gini (coba sambil jawab) :

  • “isi website kamu apa sih?”
  • “di website kamu bahas apa aja?”
  • “jenis konten website kamu apa?”

Sudah paham kan? Contohnya website ini, niche blognya adalah blogging. Jadi, lebih banyak konten tentang cara buat website, tips trik website, SEO, dan lain-lain yang berhubungan dengan dunia blogging.

Penerapan Niche Blog

Satu hal yang mau saya bilang, Google sangat suka dengan website yang memiliki 1 niche. Jadi, kamu bisa dapat dengan mudah berkolaborasi dengan Google. (?) Hehe iya, misalnya kamu mau website ada di halaman 1 Google, daftar Google Adsense, dan hal lain-lain yang berhubungan dengan Google. Semakin unik dan berbeda niche blog kamu, semakin bagus juga website kamu.

Jadi, niche blog apa yang harusnya dipakai di website? Bebas. Tergantung kamu sebagai pemilik website. Kalau masih bingung, kamu bisa pikirkan hal-hal berikut untuk menerapkan niche blog di website/blog kamu :

  1. Yang paling banyak dicari di Google
  2. Sesuai dengan kesukaan kamu
  3. Yang memiliki klik iklan tinggi di Google
  4. Yang memiliki banyak pengiklan Google

Misalnya, kamu sangat suka dengan desain, atau bahkan kamu sudah sangat mahir dalam membuat desain, lalu kamu membuat website/blog, niche blog yang bisa kamu terapkan di blog kamu adalah “desain”. Jadi, kamu bisa membuat banyak artikel atau tutorial tentang desain.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu dan terbayang ya mau membuat niche blog apa untuk website kamu? Jangan sampai lupa ya! Kalau website-mu punya niche blog, tentu akan memudahkan orang untuk menemukan website kamu. Semoga artikel Pengertian Niche Blog dan Penerapannya bermanfaat ya đŸ™‚