Mempelajari Isi Dashboard WordPress – Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari Bagaimana Cara Install WordPress dan Cara Mengakses Halaman Login WordPress. Jika kalian sudah berhasil sampai tahap itu, kalian sudah bisa mempelajari isi dashboard WordPress. Setelah teman-teman login ke wp-admin, kalian pasti diarahkan ke halaman seperti di bawah ini:

Mempelajari Isi Dashboard WordPress

Pada halaman dashboard ini, kalian bisa mengisi banyak konten yang akan ditampilkan di halaman website kamu. Mulai dari halaman utama, halaman blog, mengedit tampilan website, menambah plugin, dan lain-lain. Kita akan mulai Mempelajari Isi Dashboard WordPress mulai dari menu yang paling atas.

1. Dashboard

Menu Dashboard WordPress ini akan mengacu kepada sub-menu Home yang tampil pada saat login. Kalau kamu menemukan tulisan Welcome to WordPress! nah, ini adalah halaman Dashboard yang dimaksud. Pada halaman ini, ada tools tambahan yang digunakan untuk mempercepat masuk ke halaman posts/pages tanpa harus klik menu yang ada di sebelah kiri.

Atau kamu juga bisa melihat aktifitas yang ada di website kamu. Seperti artikel terakhir yang sudah di-post dan komentar yang masuk ke website. Kamu juga bisa membuat draft tanpa harus klik menu Posts. Dan melihat berita yang di-publish oleh WordPress.

Kamu juga bisa memilih ingin menampilkan apa di halaman Dashboard utama WordPress. Nanti akan dibahas bagaimana caranya di Tips Trik WordPress.

2. Posts

Biasanya, kamu akan lebih sering berada di halaman ini. Pada bagian Posts, kamu bisa menambah artikel yang akan ditampilkan di website kamu. Dan pada bagian Posts ini, kamu akan melihat sub-menu :

  • All Posts : untuk melihat semua post yang sudah dibuat. Baik yang masih draft ataupun yang sudah di-publish.
  • Add New : untuk menambah artikel di website. Menu ini dipakai kalau kamu mau buat artikel.
  • Categories : untuk menambah kategori artikel yang akan dibuat di website WordPress.
  • Tags : untuk menambah kata-kata kunci yang ada di dalam artikel. Misalnya buat artikel tentang Cara Buat Facebook. Tag yang bisa dibuat adalah facebook, fb, buat-facebook, buat-fb, cara-buat-facebook, cara-buat-fb, dan lain-lain.

Sudah paham ya dengan Posts, sisanya hanya tinggal praktek saja.

3. Media

Pada menu Media, akan menampilkan file-file yang sudah di-upload ke website kamu. Kebanyakan isinya adalah gambar-gambar yang ada di website. Atau mungkin kamu upload pdf atau file lainnya, nanti akan tampil di halaman ini. Untuk menambah file baru, bisa klik sub-menu Add New atau pun langsung klik tombol Add New yang ada di paling atas halaman Media.

4. Pages

Pada menu Pages, kamu bisa menambah halaman yang akan ditampilkan di website kamu. Mirip seperti post, tapi hasil pada Page adalah halaman statis yang menjadi tunggal dan tidak bisa update setiap hari. Kalau kamu bingung membedakan Page dan Post, pada artikel berikutnya, saya akan membuat artikel tentang Perbedaan Post dan Page pada WordPress.

5. Comments

Pada bagian Comments, kamu bisa melihat komentar-komentar yang masuk di website. Kamu bisa filter komentar tersebut dengan memilih akan ditampilkan atau tidak. Kalau komentarnya berupa spam, kamu bisa pindahkan ke bagian spam, atau kamu bisa pindahkan ke trash untuk dihapus.

6. Appearance

Pada bagian Appearance, kamu bisa melakukan pengaturan lebih banyak mengenai tampilan website. Kamu bisa mengubah tema/template, mengedit tulisannya, gambar, dan lain-lain. Kamu juga bisa menambah widget, menu, background, dan kalau kamu sudah paham bahasa pemrograman, ada sub-menu Editor untuk mengedit code yang ada.

7. Plugins

Kalau teman-teman bingung, apa itu Plugin? Nah, plugin ini bisa dibilang “alat” untuk membantu kinerja website kamu. Misalnya kamu merasa ada fitur yang kurang di WordPress, kamu bisa menambah plugin untuk membuatnya. Dengan adanya plugin, kamu bisa menambah “fitur yang tidak ada” di WordPress, menjadi ada.

Contohnya kamu ingin menambah fitur untuk membuat slider, kamu bisa gunakan plugin jika di template yang kamu gunakan tidak ada. Untuk mempelajari lebih dalam tentang plugin, nanti akan lebih banyak dipelajari pada bagian Tips Trik ya.

8. Users

Pada menu Users ini, kamu akan diarahkan ke halaman untuk melihat list admin yang mengelola website. Kamu juga bisa menambah admin lain untuk mengelola website dan ada juga pilihan untuk hak akses dashboard WordPressnya. Loh, memang ada apa saja?

Berikut ini Jenis-Jenis User yang Ada di WordPress :

  1. Subscriber : hanya bisa mengakses dan mengedit profile dia sendiri
  2. Contributor : bisa menulis dan mengelola post, tapi tidak bisa publish tulisannya
  3. Author : bisa menulis, mempublikasikan dan mengelola post dia sendiri
  4. Editor : bisa menulis, mempublikasikan dan mengelola post dia sendiri maupun tulisan orang lain juga
  5. Administrator : bisa mengakses semua menu yang ada di WordPress

Penjelasan lebih jelas mengenai User di WordPress akan dijelaskan di artikel lain ya.

9. Tools

Tools ini digunakan untuk import atau pun ekspor data / artikel dari platform lain.

10. Settings

Bagian Settings adalah bagian yang cukup sering diakses jika menggunakan WordPress. Karena di menu ini kamu bisa melakukan pengaturan untuk mengubah link halaman, pengaturan untuk ukuran gambar, pengaturan tampilan di halaman depan, komentar, dan lain-lain.

Bagaimana? Sudah paham yaa dengan isi dashboard WordPress? Semoga dengan artikel Mempelajari Isi Dashboard WordPress ini kalian sedikit-sedikit sudah paham dan sudah familiar dengan WordPress ya! đŸ™‚