Cara Install WordPress di Localhost – Pada artikel Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, sudah dapat diketahui, kalau WordPress ini ada 2 jenis. Pada artikel ini, yang akan kita coba install adalah WordPress.org atau WordPress yang bisa diinstal pada server local. Jadi, untuk kamu yang tertarik belajar membuat website, bisa mencoba cara ini. Karena selain mudah, kamu tidak harus paham coding untuk membuat website-nya. Mulai yuk!

Persiapan Instalasi WordPress

Sebelum install WordPress di Localhost, ada 2 hal yang harus dipersiapkan, yaitu :
1. XAMPP

Sebelum install WordPress, pastikan kamu sudah menginstall XAMPP untuk digunakan sebagai server yang akan digunakan oleh WordPress dan juga sebagai tempat untuk menyimpan database. Jika belum ada XAMPP, kamu bisa download di website apache ini. Saat instalasi XAMPP, jangan lupa tentukan lokasi file-nya, kamu bisa memilih mau di data C atau di data D. Yang penting kamu ingat dimana direktori file XAMPP disimpan.

Untuk kamu pengguna Mac, disarankan untuk install MAMP. Karena kalau pakai XAMPP ada beberapa setting tambahan dan biasanya ada beberapa error. Tapi jangan khawatir. Cara Instal WordPress dengan MAMP sama saja kok dengan Cara Instal WordPress dengan XAMPP.

Note : kalau ada Skype di PC kamu, coba keluar dulu ya. Biasanya kalau Skype kamu aktif, server-nya bentrok jadi ga bisa running XAMPP-nya.

2. File WordPress

Karena kita akan install WordPress, tentu saja file WordPress harus ada. Untuk mendapat file WordPress ini, kamu harus download terlebih dahulu di website wordpress.org. Caranya, klik tombol “Download WordPress” yang ada di atas kanan website dan kamu akan diarahkan ke halaman download, klik tombol “Download WordPess 4.8”. Dan file WordPress akan ter-download.

Oh iya, artikel ini ditulis saat versi WordPress 4.8. Jadi, versi WordPress ini akan terus update. Tapi untuk download tetap akan sama. Yang berbeda biasanya tampilan pada dashboard atau fiturnya.

Nah, itu dia 2 hal yang harus disiapkan sebelum install WordPress. Sudah siap? Yuk kita mulai Cara Install WordPress di Localhost.

Cara Install WordPress di Localhost

  • Aktifkan Apache dan MySql dengan cara klik Start di XAMPP. (Sampai muncul tulisan Running)

Cara Install WordPress di Localhost

  • Buat folder di XAMPP>htdocs dengan nama “namakamu_wordpress” atau bebas terserah kamu.
  • Copy file WordPress yang sudah di-download sebelumnya, dan paste di folder yang sudah dibuat di htdocs (di sini yang dibuat nama foldernya “aulia_wordpress”)

Cara Install WordPress di Localhost

  • Ekstrak file WordPress.
  • Pindahkan semua file yang sudah diekstrak ke dalam folder aulia_wordpress, sehingga saat folder tersebut dibuka langsung ada file mulai dari folder wp-admin hingga xmlrpc seperti di gambar ini.

Cara Install WordPress di Localhost

  • Buka browser dan ketikkan localhost/phpmyadmin. Jika sudah klik tab Databases, kita akan membuat database baru sebagai tempat penyimpanan data dari WordPress yang akan dibuat. Isi kolom kosong yang ada dengan nama database misalnya “namakamu_wordpress” atau bebas. Klik tombol Create.

Cara Install WordPress di Localhost

  • Jika sudah berhasil, di panel sebelah kiri akan muncul nama database yang sudah kamu buat.

Cara Install WordPress di Localhost

  • Buka tab baru di browser, ketikkan localhost/aulia_wordpress atau sesuaikan dengan nama folder yang sudah kamu buat di langkah ke 2.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman http://localhost/aulia_wordpress/wp-admin/setup-config.php secara otomatis. Dan muncul tampilan seperti berikut. Pilih bahasa yang akan digunakan. Klik tombol Continue.

Cara Install WordPress di Localhost

  • Akan muncul tulisan yang menunjukkan bahwa kita akan membutuhkan 5 data yang akan ada di langkah berikutnya.

Cara Install WordPress di Localhost

  • Isi kolom sesuai dengan yang sudah dibuat di langkah ke 6.

Cara Install WordPress di Localhost

Keterangan :

Database Name : nama database yang sudah dibuat di langkah ke 6.

Username : username untuk login ke phpmyadmin, default-nya adalah root.

Password : password untuk login ke phpmyadmin, default-nya tidak memiliki password.

Database Host : server yang digunakan, namanya localhost.

Table Prefix : awalan nama table di dalam database WordPress, bisa dicek di localhost/phpmyadmin dan klik database yang sudah dibuat. Isinya wp_….

  • Jika berhasil akan muncul pesan seperti ini. Klik tombol Run the install.

Cara Install WordPress di Localhost

  • Di halaman ini, kamu bisa isi sesuai dengan website yang akan kamu buat. Contoh saya seperti ini. Klik Install WordPress.

Cara Install WordPress di Localhost

Keterangan :

Username & Password : username dan password untuk masuk ke halaman dashboard WordPress. Gunakan password yang kuat. Yang disini hanya contoh.

  • Selesai! Kamu sekarang sudah berhasil install WordPress.

Cara Install WordPress di Localhost

Bagaimana? Sudah berhasil install WordPress-nya? Kalau sudah bisa “Selamat kamu udah berhasil! Semangat ya belajarnya!”. Lalu, bagaimana Cara Mengakses Halaman Login WordPress? Akan dijelaskan di artikel selanjutnya ya.

Kalau masih belum berhasil, coba komentar di bawah ya. Sebisa mungkin nanti dibantu 🙂 Semoga artikel Cara Install WordPress di Localhost ini bermanfaat ya 🙂